London siaga hadapi pesta rayakan kematian Thatcher

polisi berjaga-jaga sabtu ini di london demi menghadapi kumpulan massa penentang margaret thatcher yang ingin merayakan kematian mantan perdana menteri inggris tersebut pada lapangan trafalgar.

walikota london boris johnson menyatakan pihak berwenang telah bersiap menghadapi kemungkinan kekerasan setelah kerusuhan meledak selama sederat jalan belum berlalu dalam pekan ini.

kekerasan inilah yang mendasari pengamanan ketak dalam pemakaman si wanita besi dalam ibukota london rabu pekan nanti dan akan dihadiri ratu elizabeth ii, perdana menteri david cameron serta 2.000 undangan, termasuk kaum pemimpin politik dan dunia.

mantan calon presiden as daripada kubu republik newt gingrich, tim berners-lee sang penemu world wide info, perdana menteri kanada stephen harper serta mantan perdana menteri australia john howard merupakan diantara tamu yang bakal menghadiri pemakaman thatcher.

Informasi Lainnya:

tak banyak demonstrasi formal yang terorganisasi sabtu ini, tapi hampir 1.500 orang sudah berjanji selama facebook supaya menghadiri pesta 'thatchers dead dalam lapangan trafalgar pukul 6 sore masa setempat (jam 12 dini hari wib nanti).

para wakil buruh tambang dan melawan thatcher pada 1985, berencana menjelajah ibukota bersama mahasiswa juga kelompok-kelompok kiri, lapor koran the guardian seperti dikutip afp.

juru bicara scotland yard menyampaikan para petugas telah melihat sejumlah orang dan menyatakan akan ambil pihak di demonstrasi sabtu ini.

walikota london mewanti-wanti polisi agar tidak menggunakan kekerasan selama menghadapi demonstrasi ini.

kita hidup dalam alam demokrasi pada mana pihak berhak supaya unjuk rasa, mereka berhak melakukan kegiatan serta menggarap apa dan diinginkannya, tutur johnson terhadap radio lbc mengenai aksi dalam lapangan trafalgar itu, demikian afp.