Kerusuhan di Kenya, 8 orang tewas

sejumlah pihak bersenjata menembak mati delapan pihak di serangan kepada suatu restoran pada kota garissa, kenya timur, kamis, papar palang merah kenya.

menurut palang merah kenya dalam pernyataan terjamin mereka pada twitter, lima orang juga mengalami luka-luka tembakan dalam serangan itu serta dibawa ke suatu rumah sakit setempat.

charlton mureithi, kepala kepolisian regional, menungkapkan serangan tersebut berlangsung selama sebuah restoran bernama kwa chege dan polisi masih mengusut siapa pelakunya serta bekerja menetapkan kasus korban.

kejahatan dinamis. kami harus menentukan motifnya sekarang, kata mureithi pada reuters.

Informasi Lainnya:

kenya, dan merupakan web terserah banyak warga somalia, dilanda gelombang serangan, terlebih selama nairobi dan kota pelabuhan mombasa, serta garissa, sesudah pasukan negara tersebut memasuki somalia pada oktober 2011 untuk menumpas kelompok gerilya garis keras al-shabaab, yang mereka tuduh bertanggung jawab atas penculikan juga serangan bom pada pada wilayah kenya.

kelompok gerilya al-shabaab mengancam kenya sejak negara tersebut mengirim pasukan ke somalia selatan pada pertengahan oktober 2011 supaya menyerang pangkalan-pangkalan gerilyawan tersebut, yang dituduh menggarap penculikan juga penyerangan dalam kenya.

al-shabaab membantah tuduhan kenya bahwa mereka mendalangi sejumlah penculikan warga asing pada negara itu.

al-shabaab balik menuduh pemerintah kenya mencari isu penculikan dibuat alasan untuk menggarap penyerbuan ke somalia.

dalam masa kurang dari sebulan, seorang wanita inggris juga betul wanita prancis diculik dari kawasan wisata pantai kenya di dua insiden terpisah, yang merupakan pukulan besar bagi industri pariwisata pada kenya.

pada 13 oktober 2011, dua wanita pekerja santunan asal spanyol diculik dari kamp pengungsi dadaab, kenya, kamp paling besar dalam dunia dan adalah tempat bagi sekitar 460.000 pengungsi yang sebagian sulit orang somalia yang menyelamatkan diri daripada kekeringan, kelaparan dan perang.

penculikan-penculikan itu diyakini diselenggarakan oleh al-shabaab somalia.

al-shabaab dan bersekutu melalui al-qaida mengobarkan perang dalam pilihan tahun ini di upaya menumbangkan pemerintah sementara somalia dukungan pbb.