25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menginformasikan kiranya sederat wilayah pada bandung barat mengalami bencana longsor sampai menyebabkan 23 properti rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi sudah mendorong longsor selama tiga kecamatan, papar kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho dalam jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan gununghalu, kecamatan rongga serta kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada dalam tebing perbukitan curam serta kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah mendorong wilayah tersebut mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 rumah terancam longsor dan 87 jiwa mengungsi akibat longsor dalam tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian penduduk baru mengungsi di properti kerabatnya dan lebih alami katanya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun dalam perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan amat sempit juga kondisi tanah dan tebal serta memiliki mata air di pihak tengah update batuan keras pada pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk itu pemda perlu memfasilitasi teknologi konservasi tanah serta air terhadap masyarakat untuk risiko bencana mampu diminimalisir, katanya.

banyak produk teknologi sederhana agar mengatasi longsor, kata dia, bagus dengan fisik serta vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.