KPU masih periksa berkas Susno Duadji

komisi pemilihan publik (kpu) baru memeriksa berkas susno duadji untuk bakal calon anggota legislatif partai bulan bintang (pbb) dari daerah pemilihan bandung, jawa barat, terkait status hukumnya.

penyelenggara pemilu tengah memeriksanya, kalau dia telah dijatuhi hukuman, ya dia kena kriteria yang tidak bisa registrasi menjadi calon, papar komisioner kpu, hadar nafis gumay, pada jakarta, senin.

hadar menyatakan, calon yang dijatuhi hukuman pidana tidak mengikuti syarat supaya mendaftarkan diri dijadikan calon anggota legislatif tetapi kecuali dia telah menjalani hukuman.

selain tersebut, ia menunjukan, bakal calon anggota legislatif yang itulah mesti menggandeng surat keterangan daripada kepolisian kiranya dia sudah menjalani hukuman dan mengumumkan terhadap umum bahwa dia pernah dihukum.

Informasi Lainnya:

sementara menurut pasal 4 huruf g peraturan kpu no.7/2013 dan diubah melalui peraturan kpu no.13/2013, bakal calon anggota legislatif wajib mengikuti persyaratan tidak sudah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dan sudah menimbulkan kekuatan hukum tetap karena menggarap tindak pidana dan diancam dengan pidana penjara lima tahun serta lebih.