Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik dalam jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami kemacetan akibat tertutup mobil dan tengah mengantre solar bersubsidi dalam stasiun pengisian bahan bakar umum (spbu) setempat dalam juma sore.

kemacetan didominasi oleh kendaraan sulit semisal bus juga truk dan mengular hingga mencapai lima kilometer lebih. kaum petani melalui membawa jerigennya serta kendaraan pribadi yang berbahan bakar solar juga ikut mengantre.

petugas spbu selama jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang menyatakan, bbm bersubsidi jenis solar sulit diinginkan dari sepekan terakhir.

pasokan solar dari pertamina sudah dibatasi. biasanya bisa dikirim 16 kilo liter setiap kali do, kini cuma kembali setengahnya. resikonya solar besar diinginkan dan dalam ngantre, katanya pada wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai macetnya dalam jalur antarprovinsi tersebut, petugas satuan 2012 lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem buka dan tutup jalan.

polisi dan menawarkan sejumlah jalur solusi terhadap kendaraan pribadi daripada arah solo dan mau menuju madiun serta magetan supaya memangkas kemancetan.

kemacetan terjadi karena keberadaan antrean mobil solar dalam spbu dan baru saja melayani pasokan daripada pertamina. macet telah terjadi sejak pagi, beruntung kini sudah dapat diatasi melalui sistem kunjungi tutup juga tutup jalan juga jalur pilihan, ujar kepala satuan 2012 lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa dan terjadi selama sejumlah spbu dalam kabupaten madiun. antrean hingga menyebabkan macetnya 2012 lintas terjadi dalam spbu sangen, geger, dan terkandung selama jalan raya madiun-ponorogo dan spbu klitik, wonoasri, dan berada dalam jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, menungkapkan, pihaknya telah menugaskan anggotanya untuk memenage arus 2012 lintas agar antrean mobil pada spbu tersebut tidak membuat macet.

kami serta menempatkan sejumlah personel untuk mengamankan spbu guna menghindari keributan yang mungkin terjadi saat antre solar. tiap-tiap spbu yang rawan hendak dijaga tiga sampai empat personel, papar akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan ingin diselenggarakan hingga batas waktu yang belum ditetapkan. tergantung daripada situasi pada lapangan dan kebijakan pemerintah pusat terkait pendistribusian bbm bersubsidi itu.

seperti dikenal, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan turun dari tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi yang sudah ditentukan pada apbn 2013. untuk wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 cuma sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). jumlah itu lebih rendah daripada realisasi tahun kemarin sebesar 2,08 juta kl.

demikian juga, sesuai penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi yang menjadi tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun kemarin. secara nasional, kuota solar bersubsidi tahun 2012 sebesar 15,56 juta kl, berkurang adalah 14,28 juta kl pada 2013 ini.